Langsung ke konten utama

Berkenalan Dengan Komputer Papan Tunggal Raspberry PI

Sebelum kita memulai belajar dan bergelut dengan project menggunakan Komputer Mini Raspberry Pi, kita berkenalan terlebih dulu dengan benda tersebut.

Tentang Raspberry Pi

Raspberry Pi atau biasa disingkat Raspi adalah komputer papan tunggal (Single Board Circuit/SBC) yang di ciptakan oleh Raspberry Pi Foundation. Raspberry Pi Foundation adalah sebuah badan amal yang dibentuk dengan tujuan utama memperkenalkan kembali keterampilan komputer tingkat rendah untuk anak-anak di Inggris. Tujuannya adalah untuk menghidupkan kembali revolusi microcomputer dari tahun 1980-an, yang menghasilkan satu generasi programmer terampil.

Official Logo Raspberry Pi
Meski berukuran kecil dan menggunakan papan tunggal (single circuit) komputer ini sudah dapat menjalankan beberapa perangkat lunak dasar yang dibutuhkan seperti perangkat lunak untuk keperluan kantor (office), memutar video, musik dan bermain games (entertaiment) bahkan perangkat lunak untuk keperluan pemrograman. Raspberry Pi juga dapat digunakan untuk melakukan kontrol terhadap perangkat keras yang dibutuhkan.

Sejarah Lahirnya Raspberry Pi

Penamaan Raspberry terinspirasi dari vendor-vendor lain yang menggunakan nama buah-buahan (seperti Apple, BlackBerry, dan Apricot). Adapun penamaan Pi merupakan kepanjangan dari Phyton, yaitu sebuah bahasa pemrograman interpretatif serbaguna. Pada awalnya Raspberry Pi memiliki konsep sebuah komputer sederhana yang dapat diprogram dengan bahasa pemrograman Phyton. 

Proyek Raspberry Pi dimulai pada tahun 2006. Sekelompok orang berkeinginan untuk merasakan semangat menjadi seorang “pelopor”, seperti yang dirasakan pada tahun 1980, ketika Personal Computer (PC) dengan harga terjangkau tersedia untuk para penggemar komputer. Mereka memiliki kekhawatiran terhadap berkurangnya minat terhadap ilmu komputer dan berpendapat bahwa kurikulum ICT saat ini terlalu berfokus pada membuat program word processing, spreadsheet, dan database.

Awalnya mereka berencana untuk membuat komputer berbasis mikrokontroler yang dapat booting secara langsung kepada Python interpreter prompt. Perangkat yang murah ini diciptakan untuk mempromosikan sebuah generasi baru dalam dunia pemrograman dan pengembangan.

Seperti disebutkan dalam situs resmi Raspberry Pi Foundation, waktu itu Eben Upton, Rob Mullins, Jack Lang, dan Alan Mycroft, dari Laboratorium Komputer Universitas Cambridge memiliki kekhawatiran melihat kian turunnya keahlian dan jumlah siswa yang hendak belajar ilmu komputer. Mereka lantas mendirikan yayasan Raspberry Pi bersama dengan Pete Lomas dan David Braben pada 2009. Tiga tahun kemudian, Raspberry Pi Model B memasuki produksi massal. Dalam peluncuran pertamanya pada akhir Febuari 2012 dalam beberapa jam saja sudah terjual 100.000 unit. Pada bulan Februari 2016, Raspberry Pi Foundation mengumumkan bahwa mereka telah menjual 8 juta perangkat Raspi, sehingga menjadikannya sebagai perangkat paling laris di Inggris.
Prototype Raspberry Pi
Mulanya, Papan Prototype pertama mereka hanyalah sebesar Flashdisk, yang memiliki 1 port USB dan port HDMI. Papan ini juga memiliki slot MicroSD untuk menyimpan OS linux. Papan ini terlalu kecil untuk menambahkan port LAN, port GPIO, atau output audio, yang artinya papan ini kurang cocok untuk dikembangkan.
Lalu mereka memutuskan untuk membuat papan sebesar kartu kredit, dan bekerja sama dengan Linux untuk membuat sistem operasi yang memungkinkan untuk berkerja pada processor 700MHz ARM1 176JZF-S.

Pada Agustus 2011, sebanyak 50 unit Raspberry pi model Alpha diproduksi.
Raspberry Pi Model A

Desember 2011, Raspberry Pi model Beta mampu memainkan video HD 1080p menggunakan onboard Videocore IV GPU. Raspberry Pi model ini memiliki konektor daya tipe micro-usb, yang memungkinkan para pengguna untuk menghidupkan perangkat ini menggunakan charger ponsel biasa.

Setelah melalui rintangan-rintangan tersebut, akhirnya Raspberry Pi siap untuk dijual secara pre-order. Peluncuran resmi diadakan pada tanggal 29 Februari 2012 pukul 6 Pagi waktu setempat.
Kini Raspberry Pi telah diproduksi dengan berbagai model lainnya, seperti Raspberry Pi 2 model B, dan yang terbaru adalah Raspberry Pi 3 model B yang dirilis pada Februari 2016.
Raspberry Pi 3 Model B

Pada Raspberry Pi 3 Model B Penambahan Wi-Fi dan Bluetooth tersebut ternyata telah diaplikasikan pada. Raspberry terbaru ini juga telah dilengkapi dengan prosesor yang telah diupgrade, yaitu 1.2 GHz 64-it quad-core ARM Cortex A53. Namun, sayangnya Raspberry tipe ini tetap menggunakan kapasitas RAM yang sama dengan tipe sebelumnya, yaitu 1 GB.




  

Komentar